Instruction

Cara Mengatasi Error E5 Canon MP198

Hy Guys,,,
Sebenernya Achepz males banget ngetik. Tapi Achepz coba aja dech..
Guys,,, kali ini Achepz bakal sharing (kasih postingan) yang hubungannya sama printer canon mp198...
yupzs,,, sore ini gue nemuin di printer canon mp198... Klien bilangnya sih gx bisa buat ngeprint...
so, Achepz langsung aja chek tuh printer.
Awal pengecekan :

  1. Instal dulu driver printer canon mp198 (kalo belum terinstal), kalo belum punya drivernya, kalian bisa download disini Driver Canon MP198 (support windows XP & Windows 7)
  2. Pasang printer seperti biasa
  3. Jalankan printer. Lihatlah layar LED pada printer, perhatikan dengan seksama, terdapat tulisan E5
  4. Coba saja lakukan tes print, dalam kasus ini gue coba dan hasilnya di layar monitor keluar peringatan bahwa catridge tidak cocok, terdeteksinya sih catridge warnanya yang tidak valid (padalah catridgenya bener)
Yah awalnya Achepz berpikir kalo memang catridge warnya perlu diganti. Tapi masih penasaran. Kemudian Achepz coba googling, dan nemu hasil ada yang bilang memang sudah waktunya ganti catridge. Tapi ada juga yang nyaranin buat di reset. Ok kemudian Achepz coba nih meRESETnya. Caranya :

  1. Matikan printer (cabut kabel power)
  2. Pasang kembali kabel power. Kemudian pencet tombol stop/reset, lalu barulah pencet tombol power (tapi tombol  stop/resetnya jangan dilepas dulu)
  3. Nah dalam keadaan tombol  stop/reset dan tombol power tertekan(dipencet), lepaslah tombol stop/reset tapi tombol power masih ditekan/dipencet.
  4. Kemudian pencet lagi tombol  stop/resetnya 2x
  5. Lalu lepas kedua tombolnya. Tunggu sampai di layar LED pada printer menunjukkan angka 0.            Hal itu berarti printer sudah dalam keadaan safe mode.
  6. Baru setelah itu kita reset menggunakan software. yang belum punya softwarenya bisa download disini : Resetter Canon MP198
  7. Setelah direset, matikan printer. Lalu nyalakan kembali
Nah (masih dalam harap2 cemas), ternyata dugaan benar. Setelah direset bukannya sembuh tuh errornya, Eehhhhhhhhhhhhhhhh malah jadi beda lagi errornya. Kali ini printer Canon MP198 jadi Error E14. Wah nambah bingung inih...
Hemm,,, gimana yah???
Achepz pikir mungkin salah ngereset, (dalam hati: perasaan udah bener dech.!!!)
Lalu utak atik utak atik otak... (berpikir)
Berani gak berani, secara naluri jadi tukang service,.. akhirnya tanpa pikir panjang Achepz langsung deh tuh tak ambil pusing naluri mengatakan lakukan lagi...
Kemudian Achepz lakukan lagi tuh, jadi gini cara memperbaiki/mengatasi Error E14 Canon MP198 :
Lakukan saja cara-cara awal mereset Canon MP198 tadi, yaitu dari mematikan printer sampai menyalakan lagi. Eh baru nyampe langka ke 5, yaitu menunggu sampai menunjukkan angka 0. Achepz tunggu-tunggu, kok gak keluar angknya yah??? Hem, adakah yang salah ??? padahal caranya masih sama, dan printernya juga masih sama yaitu Canon MP198. Setelah menunggu agak lama sampai printer berhenti beraksi (tanpa ada gerakan) langsung deh Achepz matikan saja tuh printer. Lalu Achepz nyalakan lagi, Wah........... gak bener lagi nih, malah jadi Error E16. Tapi hal itu terlihat bukanlah masalah besar, yah Error E16 Canon MP198 itu dalam kondisi Achepz loch : printernya cuma minta dipencet tombol stop/reset selama 5 detik/ tapi kebanyakan lebih dari 5 detik (ya sampai tanda minta dipencetnya hilang) Terereng tereng, tarampam taram,,,... Wuihh,,,,,,,,,,,, ternyata berhasil guyz,.... 

OKe dah, cukup sekian sharing kali ini,,,
Smoga bermanfaat,
dan bagi yang penasaran, cari aja printer rusak yang kaya gitu atau yang lain2,,, bisa Achepz bantu nanti, share aja ke sini....
Solusi Cerdas Untuk Repair semua Komputer, Laptop dan Printer !!! Thankz Guyz........

6 comments:

  1. download softwarenya dimana???
    kok gak ada muncul???

    ReplyDelete
  2. Kalau pengalaman aku, kebetulan aku punya printer yang catridnya sama. trus aku tuker dulu sementara. disitu nanti kita sisuruh pencet resetnya selama 5 detik. dan ternyata keduanya lancar dan tidak ribet.

    ReplyDelete
  3. Kalau pengalaman aku, kebetulan aku punya printer yang catridnya sama. trus aku tuker dulu sementara. disitu nanti kita sisuruh pencet resetnya selama 5 detik. dan ternyata keduanya lancar dan tidak ribet.

    ReplyDelete
  4. Apa yang kita lakukan setelah 5-10 Detik atau bahkan sampai 5 Menit LED 0 tidak muncul, tolong info nya..??

    ReplyDelete
  5. setelah aku ikuti sarn kamu aku liat angka nol nya gak muncul lalu aku matikan prinnya kemudian aku hidupkan dan ternyata berhasil....berhasilll...makasih ya gen atas tutorialnya makin tambah ilmu aja nih.....

    ReplyDelete